Skip to main content

Rectoverso - Cinta Yang Tak Terucap

gambar diambil dari sini
I watch a film only when I really want to. Ya, aku jarang sekali menonton film. Banyak film bagus betebaran di bioskop, tapi sedikit sekali yang aku tonton, apalagi yang benar-benar aku nikmati. Aku lebih suka membaca buku karena aku bisa mengembangkan imajinasiku pada orang, tempat dan cerita yang ada di dalamnya. Akhir bulan yang lalu aku nonton Iron Man, tapi pikiranku tidak di sana, malah asyik mengembara kemana-mana, bergelut dengan pikiran dan perasaan tentang satu hal. 

Kemarin, internet kantor mati. Kebetulan pas nggak ada kerjaan *ceritanya magabut*, jadi aku nonton film Rectoverso. Esumpah film ini bagus banget, sebagus buku (dan lagunya). Baru kali ini nemu cerita yang sama bagusnya dalam bentuk buku dan film.

Lima cerita: Malaikat Juga Tahu, Firasat, Curhat Buat Sahabat, Hanya Isyarat dan Cicak di Dinding, hadir silih berganti dalam sekuel masing - masing. Meskipun ceritanya berbeda, tapi tidak terkesan terpisah karena ada benang merah yang menghubungkan kelimanya yaitu cinta yang tak terucap. Akting Lukman Sardi, Sofia Latjuba dan Tio Pakusadewo memang juara.

1. Malaikat Juga Tahu
Cinta tulus Abang, seorang pengidap autis, kepada Leia. Perempuan muda yang menjadi anak kos ibunya. Leia mengisi hari-harinya. Namun semuanya berubah ketika Han, adik Abang, pulang dari luar negeri. Apa mau di kata, Leia jatuh cinta pada Han. Malaikat juga tahu, (cinta tulus mana) yang jadi juara (diantara keduanya). Namun, apa mau dikata. Cinta tidak bisa memilih. Leia pergi dari kos untuk mempertahankan cintanya pada Han. Cinta Abang tak pernah terucap. Abang patah hati luar biasa mendapati Leia sudah pergi.

2. Firasat
Senja jatuh cinta pada Panca, salah satu temennya di klub Firasat, perkumpulan orang-orang yang percaya bahwa firasat memberikan isyarat dalam kehidupan manusia. Senja sendiri punya indra keenam, dia punya intuisi yang kuat saat ia akan kehilangan orang-orang terdekatnya. Ia mendapatkan firasat berulang kali, lewat mimpi, memberinya peringatan. Tapi apa daya peringatan itu tidak bisa menahan orang yang disayangi untuk pergi, supaya kejadian itu bisa dihindari. Cinta senja pada Panca tak terucap karena Panca terlebih dahulu pergi, pulang ke kampung halamannya.

3. Curhat Buat Sahabat
Curhat kepada sahabat adalah ajang menyenangkan untuk menumpahkan uneg-uneg, senang dan sedih. Sahabat selalu ada setiap saat. Namun kedekatan itu justru mengaburkan perasaan yang ada diantara keduanya. Seperti yang dialami Reggie yang jatuh cinta pada Amanda, sahabatnya yang supel tapi punya banyak masalah tentang percintaan. Cintanya Reggie tak terucap karena tertimbun cerita Amanda dengan para mantan pacarnya yang tak ada habisnya.

4. Hanya Isyarat
Al, memuja Raga, teman dari milis backpaker. Cintanya berawal dari kekaguman terhadap tulisan-tulisan Raga di milis tsb, terutama cara pandang Raga terhadap dunia. Setiap hari Al mengamati Raga, tapi hanya sebatas punggungnya. Al hanya bisa mengirimkan isyarat, dalam jarak dekat meski kadang tak dilihat. Bisa berdekatan dengan yang dipuja adalah hal yang paling disuka meski di satu sisi ada sedih mengaliri hati karena hanya itu yang bisa dilakukan. Al memang ingin menjaga jarak, karena bagi Al mengetahui warna bola mata Raga sudah lebih dari cukup.

5. Cicak di Dinding
Taja jatuh cinta pada Saras, perempuan dengan tato cicak di perutnya yang dikenalnya di sebuah bar. Mereka kemudian melakukan one night stand. Namun sayang Saras menghilang tanpa pesan setelah kencan kedua mereka di sebuah kafe. Saras ternyata memilih untuk menikah dengan sahabat Taja. Cinta Taja tak pernah terucap. Taja menghadiahi Saras dan suaminya lukisan cicak di dinding, dengan filosofi: Cicak setia menempel di dinding menunggui manusia, tak peduli diperhatikan atau tidak.

Oiya, ada quote yang saya suka dari film ini "Apa yang harus terjadi pasti terjadi. Kadang pilihan terbaik adalah menerima, dan semua akan baik - baik saja. Kita harus belajar menerima agar kita bisa berdamai dengan kenyataan".

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan