Skip to main content

Bintang: 6 Months


Usia enam bulan artinya udah lulus ASI ekslusif. Alhamdulillah perjalanan menyusuinya secara garis besar lancar. But, it's not the end, it's a new beginning. Yap, di umur inilah tahapan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dimulai. Sejak jauh - jauh hari aku udah sibuk prepare ini itunya. Karena preparation sudah di bahas di postingan sebelumnya, sekarang aku mau cerita soal makan perdananya Bintang. Juga review tumbuh kembangnya selama sebulan ini.

MPASI Time
Selama umur enam bulan, Bintang akan makan dua kali sehari. Kalau mau ditambah frekuensinya nunggu observasi kesiapan dan keterampilan makannya Bintang dulu. Menu hari pertama adalah bubur beras putih (pagi) dan alpukat (sore). Bubur beras ini aku buat dari beras yang dibikin bubur, dimasak pakai panci biasa dengan api kecil. Setelah matang aku blender. Bintang awalnya sempat memicingkan mata pas aku suapin, mungkin karena baru pertama. Tapi lama - lama langsung buka mulut tiap aku sodorin sendok. hihi. Oiya, karena Bintang masih usreg aja kalau makan sambil duduk di dinning seat, jadi untuk sementara dia makan sambil dipangku. Tapi nggak pake jalan-jalan ngider rumah ato kompleks.

Siang hari, pas aku makan mangga. Dia pengen. Pasang tampang melas dan ngrayap mendekat. Jadilah Bintang aku dudukkan di kursi. Di depannya aku kasih dua potongan mangga yang aku taruh di piring. Hasilnya adalah, kedua tangan masuk ke piring, membejek-bejek mangga sampai penyet trus dijilatin. Hihi. Lucu banget gaya dan ekspresinya. Nampaknya rencana BLW ini sementara difokuskan cuma untuk ngajarin makan, bukan untuk makan memasukkan makanan dengan sukses, baik dan benar ke mulut. kalau BLW dijadikan andalan, nutrisi yang masuk dikhawatirkan akan kurang.

Tumbuh Kembang
Sekarang kenaikan BBnya Bintang nggak seheboh dua bulan pertama kehidupannya, secara aktivitasnya juga udah banyak, nggak bisa diam. Tapi secara pasti BBnya naik, begitu juga tinggi badan dan lingkar kepalanya. 

Bintang udah ngerayap kemana - mana dengan cepat, ngerangkaknya masih selangkah dua langkah. Dia paling suka ngrayap ke depan pintu kamar, trus nepuk - nepukkin pintu. Dia juga suka mainan kaki meja dan kursi. Entah kenapa spot favoritnya di situ. Dipindah pun ntar ujung - ujungnya balik lagi ke situ. Oiya, dia tuh hobi banget nyandar seenaknya. Di kaki meja/kursi, di keranjang, boneka, bantal, guling, sampai perut, kepala dan paha tangan orang lain di dekatnya pasti jadi sasaran. Herannya, dia kok tampak enjoy banget, padahal kadang nyandarnya cuma dikit. Ya ya ya :P

Bintang udah kenal sama yang namanya bermain. Dia suka mainan boneka terutama yang warnanya mencolok. Suka main kricikan dan semua yang bisa berbunyi. Semuanya ditepukin dah. 

Bintang ngocehnya makin kenceng. Kosakata babbling-nya banyak meski aku nggak paham artinya apa. Cuma bisa nebak ekspersi wajahnya aja.

Tiap malam selalu nungguin ayahnya pulang kantor dulu baru mau tidur. Kadang, wajahnya udah keliahatan ngantuk dan capek, tapi masih bertahan buat melek dengan kepala diletakkan bantal, lantai, atau karpet. Aku paling nggak tega lihat dia melas kayak gini, hiks. Sepertinya dia kangen, kan seharian ditinggal kerja.

Bintang dari umur tiga bulan udah nggak ngompol kalau tidur. Dia baru akan pipis kalau melek, kalau tidur enggak. Dia pengertian banget kalau ayah bundanya capek seharian kerja, jadi kalau malem disuruh istirahat dengan tenang. Smart boy :*

Gaya menyusunya udah mulai macem - macam. Kadang aku kewalahan sama polahnya saat nenen. Tapi bagaimanapun juga menyusui tetaplah salah satu kegiatan favoritku. Kapan lagi aku bisa dekat secara fisik dan emosi kalau bukan pas nyusuin? :)

Pola tidurnya udah teratur. Kalau malam cuma usreg atau bangun buat nyusu habis itu tidur lagi. Dia udah mulai mengenali fungsi ruangan. Kamar itu buat tidur, ruang TV buat main. Makanya dia seringkali nggak mau tidur kalau nggak di bawa ke kamar meskipun ngantuk. Tapi kalau bangun tidur nggak ada orang dia langsung nangis kenceng.

Apa lagi ya??? Will update you later.

Semoga sehat selalu ya Mas, tambah pinter dan menggemaskan.
Bunda dan Ayah sayang Bintang :* :*

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan