Skip to main content

Roasted Chicken


Sudah sejak lama aku ngidam roasted chicken. Pengennya sih beli di Kenny Rogers. Tapi lokasinya jauh dari rumah, jadinya malas. Lalu aku ingat, aku punya bookmark resep Roasted Chicken dari Mbak Carolina Maya yang aku temukan dari grup Natural Cooking Club. Meskipun rada males ngeluarin oven, tapi akhirnya aku eksekusi juga resep ini, saking pengennya. Hehehe.

ROASTED CHICKEN
Bahan:
1 ekor ayam dengan berat di bawah 900 gram (aku pakai 8 paha ayam)
1 buah bawang bombay
10 siung bawang putih
3 cm jahe
2 sdm lada hitam (berhubung nggak ada stok lada hitam, aku pakai lada putih)
3 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
2 sdm madu
1 sdt gula pasir
1 sdt garam
2 sdm minyak zaitun (aku pakai minyak goreng)

1 sdm oregano (aku nggak pakai)
1 buah jeruk nipis

Cara Membuat:
  1. Lumuri ayam dengan garam dan air perasan jeruk nipi. Diamkan selama 20 menit.
  2. Haluskan bawang bombay, bawang putih dan jahe.
  3. Tambahkan madu, kecap manis, saus tiram, gula, lada dan minyak.
  4. Lumuri ayam dengan bumbu tadi, diamkan selama satu jam di kulkas. (Aku merendamnya semalam)
  5. Panggang ayam dengan temperatur 180' C selama 75 menit dengan rincian, 45 menit pertama ayam ditutup dengan alumunium foil. Selebihnya biarkan panggang terbuka. Oiya, setiap 15 menit olesi ayam dengan sisa bumbu.
Fresh from the oven
Alhamdulillah matangnya pas, dalamnya sudah tidak berdarah, luarnya sudah kecokelatan. Rasanya sudah enak, tapi menurutku akan lebih enak kalau pakai lada hitam. Bakal lebih nendang. Atau pakai cabai. Nanti deh di percobaan selanjutnya akan kucoba.


Happy cooking, happy eating!

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan