Skip to main content

Cerita Bintang Opname


Assalamualaikum.

Hallo semuanya. Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya. Ini postingan pertamaku di tahun 2015. Aku melewati akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 di Rumah Sakit karena Bintang sakit. Benar-benar pengalaman tak terlupakan.

Berawal dari Rabu siang, aku ditelepon Mbak Yuyun, tetangga depan rumah, yang mengabarkan kalau Bintang muntah-muntah dan lemes. Aku yang saat itu sedang makan siang langsung menyudahinya, lalu berkemas dan pulang. Sampai rumah aku mendapati Bintang tiduran lemas, wajahnya tampak sayu, matanya cekung. Dia dehidrasi karena muntahnya banyak, dan terakhir-terakhir yang keluar cuma air. Dia bilang "Peyutku sakit buk".

Aku dan mbah segera berkemas. Kami pergi ke RSI Jemursari, selain karena paling dekat rumah, di sanalah DSA langganan praktek. Di jalan Bintang tidur, karena memang belum tidur siang. Plus capek juga muntah-muntah. Mengingat keadaannya yang demikian, kuputuskan untuk membawanya ke UGD, dengan harapan cepat tertangani tanpa antrian panjang selayaknya bila di poli. Tapi ternyata keputusanku salah, memang cepat tertangani, tapi diagnosanya tidak melegakan di hati. Di UGD Bintang divonis amandel, makanya dia susah makan dan jadi lemes. Padahal Bintang tidak susah makan, siang sebelum muntah dia masih makan seperti biasa. Bintang lemas karena muntah-muntah. Dokter jaga juga bilang kalau Bintang tidak dehidrasi.

Tidak puas dengan diagnosa tsb, aku meminta keluar. Lalu mengantri di poli. Suami pun pulang lebih cepat, menyusul kami ke RS. Suami datang sesaat sebelum Bintang dipanggil. Begitu masuk ruangan praktek, DSA langganan yang memang sudah aku telepon sebelumnya, langsung komentar, ini sudah dehidrasi, matanya sudah cekung. Setelah melakukan pemeriksaan, Bintang diputuskan untuk diinfus, karena diberi cairan pun dia juga muntah. Aku mengurus administrasi untuk opname, suami sama Mbah menjaga Bintang, menunggu diberi tindakan yaitu pasang infus dan ambil darah. Duh, sumpah, aku paling nggak tega lihat Bintang ditusuki jarum kayak gitu, apalagi ditambah mendengar tangisannya. Aku nggak kuat lihatnya, jadi Bintang ditungguin Mbah. Aku membelakanginya sambil berurai air mata dan komat-kamit baca doa. 

Selesai pasang infus dan ambil darah, drama memilukan itu belum usai. Bintang harus puasa untuk mengistirahatkan lambungnya. Bintang sebenarnya lemas dan ngantuk, tapi dia nggak bisa tidur tanpa pengantar, yaitu nenen. Bintang tidak perlu ASI, dia lebih butuh kenyamanan. Kami memutuskan supaya aku meninggalkannya di kamar bersama Ayah dan Mbah, aku "sembunyi" di Musholla. Tiga jam berlalu, tapi Bintang tak kunjung tidur. Sesekali Bintang menangis mencari aku, sungguh hatiku pilu. Kalau bukan karena kebaikannya, tentulah aku sudah menyerah. Jam sepuluh kurang, aku kembali ke kamar, aku mendekati Bintang. Bintang menyambutku dengan mata berbinar, mengulurkan tangan minta dipeluk dan mencari nenen. Belum sampai lima menit menyusu, Bintang sudah tertidur. 

Besoknya, bangun-bangun anaknya sudah ceria. Sudah mulai aktif. Bosen di kasur, duduk di bawah, pindah ke kasur penunggu, minta keluar kamar, minta jalan-jalan dan mau makan minum seperti biasa. Alhamdulillah enggak muntah. Suhu tubuhnya juga normal. Senang donk Bundanya. Etapi hati kembali mellow lihat hasil lab yang menunjukkan positif ada kandungan bakteri Salmonella Typhi. Okey, fix. Bintang masih harus stay lebih lama untuk mendapatkan perawatan. Tapi karena Bintang sudah bisa makan minum seperti biasa, di hari kedua, Bintang lepas infus di sore hari setelah menghabiskan tiga botol infus.

Selama Bintang dirawat para eyang datang ke Surabaya untuk ikut menjaga, I'm so blessed. Bintang cucu pertama, jadi pusat perhatian, jadi kesayangan. Kehadiran beliau-beliau cukup membantu, selama aku mandi, ngurus ini itu, atau suami pulang ke rumah buat naruh cucian kotor, Bintang ada yang jagain.

Setelah dua hari diberi obat, Sabtu pagi Bintang ngelab lagi. Alhamdulillah hasilnya membaik. Bintang boleh pulang, dirawat di rumah. Selasa besok kontrol lagi. Semoga hasilnya semakin membaik.

Sehat terus ya Mas. :*

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan