Skip to main content

My Skin Care




"Skin care is essential, make up is a choice". I do agree with that karena kulit yang sehat lebih penting dan long lasting. Bukan seperti make up yang akan dihapus setelah acara selesai. Aku sendiri bukan orang yang suka make up, yang kupakai hanya bedak dan lipstick. Ada mascara, eyeliner dan blush on tapi jarang dipakai. Pernah ikut beauty class tapi tetap aja malas dandan, haha.

Namun sekitar dua tahun terakhir, aku mulai serius merawat diri. Untuk tubuh ada jadwal luluran, untuk rambut ada jadwal pakai hair mask. Keduanya biasa aku lakukan seminggu sekali. Sedangkan untuk wajah aku mengikuti pakem yang disarankan supaya hasilnya lebih maksimal. Aku menekuni 10 Step Korean Skin Care, meski tidak semua produk yang aku gunakan berasal dari Korea Selatan. Sebagai informasi, jenis kulit wajahku normal dengan titik minyak di hidung. Di wajahku ada flek kehitaman, aku mengevaluasinya sebagai akibat tidak memakai sunblock sedari remaja. Jadi fokusku adalah mempertahankan kulit wajah supaya lembab, flek tidak nambah dan anti aging.


1. Make up removing
Hasil gambar untuk garnier micellar water

Ada dua micellar water yang aku pakai yaitu keluaran Garnier dan L'Oreal. Sebenarnya lebih suka sama L'Oreal tapi produk terakhir yang aku beli nitip teman dari USA ini lebih oily, jadi nggak bikin keset, beda dengan formula produk yang sebelumnya aku beli di KL atau OZ. Karena itu, aku pakai Garnier karena lebih mudah didapat dan lebih murah, heheh.

2. Foaming Cleanser
Untuk sabun wajah aku pakai dua, alasannya I just love both of them, jadi dipakainya gantian. Sama-sama membuat wajah bersih dan tidak membuat kering. 

Hadalabo Shirojyun Whitening Face
Hasil gambar untuk Hadalabo Shirojyun Whitening Face

Dapat mengangkat kotoran dan minyak di wajah sekaligus mencerahkan dan meratakan warna kulit. Mengandung Hyaluronic Acid untuk meningkatkan kelembaban secara intensif sehingga kulit terasa elastis. 


Hasil gambar untuk Hada Labo Tamagohada Face and Make Up Remover
Hadalabo Tamagohada Face and Make Up Remover
Pembersih wajah sekaligus make up ini mengandung AHA dan BHA yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit kusam. Aman digunakan setiap hari.

3. Exfoliating : Some By Mi Miracle Toner AHA BHA PHA 30

Hasil gambar untuk Some By Mi Miracle Toner AHA BHA PHA 30

Toner ini bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan menutrisi kulit tanpa menyebabkan iritasi, dan dapat digunakan setiap hari. Yang paling aku rasakan adalah wajah jadi lebih lembut karena sel kulit mati terangkat dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori jadi terkontrol. Manfaat lain adalah mengurangi flek, mencerahkan kulit dan anti aging. Harus pakai lebih lama supaya bisa dirasakan hasilnya, ini aku baru pakai semingguan.

4. Toner: Clean & Clear Oil-Control Toner

Hasil gambar untuk Clean & Clear Oil-Control Toner

Toner ini sebenarnya menyasar kulit remaja, tapi aku suka karena enak dan segar ketika dipakai apalagi setelah seharian hidungku jadi oily, minyaknya jadi terangkat. Efek lainnya biasa aja sih, berencana ganti toner kalau ini sudah habis. 
5. Essence: Cosrx Galactomyces 95 Whitening Power Essence

Hasil gambar untuk Cosrx Galactomyces 95 Whitening Power Essence

Galactomyces berfungsi mencerahkan dan mengurangi kulit kusam, melembabkan dan menutrisi kulit, berfungsi sebagai anti aging yang memperbaiki tekstur kulit, melawan kerutan/garis halus, menyehatkan dan menjaga elastitas kulit. Membantu melawan flek hitam. 

6. Serum: Votre Peau Vitamin C

Votre Peau Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari polusi, matahari, iklim, paparan AC dan asap rokok. Merangsang pembentukan dan peningkatan produksi kolagen yang akan menjaga kekenyalan, kelenturan dan kehalusan kulit. Mencerahkan kulit, mencegah luka jerawat dan mengecilkan pori. Menyamarkan kerutan, kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Aku suka wanginya, wangi jeruk lemon segar. Komposisi: Purified (Aqua), Disodium EDTA, Vegetable thickening, Na Metabisulfite antioxidant, citric acid dan magnesium ascorbyl phospate.

7. Sheet mask
Sheet mask identik dengan Koran Skin Care, ada banyak merek dan varian di pasaran. Aku sendiri sudah mencoba berbagai merek dan varian, namun paling suka produknya The Saem dan Nature Republic. Sedangkan varian yang sering aku gunakan adalah Argan, Bamboo, Blueberry, Rose dan Shea Butter. Sheet mask berfungsi menghidrasi kulit supaya kulit lebih glowing.

Selain sheet mask aku juga menggunakan Aztec Indian Healing Clay. Bentuknya serbuk digunakan seminggu sekali dengan dicampur air, bisa juga dengan toner atau cuka apel, tapi aku belum pernah coba. Yang aku suka dari masker ini adalah deep cleansing, setelah pakai wajah berasa enteng dan bersih. Ada sensasi cekit-cekit ketika pakai, tapi akan hilang setelah wajah dibersihkan. Manfaat lainnya adalah mengempeskan jerawat, membersihkan komedo, mengecilkan pori, menetralkan kondisi kulit. 

Baik sheet mask maupun clay mask aku pakai seminggu sekali, biasanya aku deep cleansing dulu baru hydrating, lebih nampol buatku.

8. Eye cream: Laneige Special Care Eye Sleeping Mask
Berfungsi melembabkan, merevitalisasi dan mencerahkan kulit di sekitar mata, mengurangi mata bengkak.

9. Moisturizer

Hasil gambar untuk The Saem Fresh Bamboo Soothing Gel


Day Cream: The Saem Fresh Bamboo Soothing Gel
Sensasinya dingin, menenangkan,  melembutkan dan melembabkan. Komposisi: ekstrak bambu, bunga ylang ylang, rosehip, acerola, sanjay, mangga, alpukat dan wintergreen.



Night Cream: Votre Peau Collagen Booster.
Cream ini berfungsi melembabkan dan menutrisi wajah, memperbaiki tekstur kulit yang rusak, mengurangi flek dan noda hitam di wajah, membantu pembentukan kolagen sehingga kulit tetap elastis dan mengontrol minyak berlebih yang diproduksi wajah. Komposisinya Argan Seed Extract Glycolic Acid, Propylene Glycol. 
10. Sunblock: Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50
Biore UV AQUA Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Aku suka sama sunblock ini karena ringan, tidak lengket dan gampang meresap. Mengandung Aqua Micro Capsule yang menyegarkan, melembabkan dan melindungi kulit dari sinar UV dengan SPFnya yang tinggi.

Dalam kenyataannya, mengoles serangkaian skin care ini butuh komitmen karena seringkali sudah ngantuk jadi ada yang terlewatkan. Semoga tetap istiqomah supaya kulit sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan