Skip to main content

Rahasia Di Balik Kode Plastik

Umumnya setiap wadah plastik tercantum tanda atau kode angka yang menandakan bahan dari kemasan plastik tsb. Kode tsb dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry di Amerika Serikat pada tahun 1998. Selanjutnya, pengkodean tsb diadopsi oleh ISO (International Organizational for Standardization). Pemberian tanda ini bertujuan untuk memudahkan konsumen mengenali bahaya dan keamanan wadah yang terbuat dari plastik.

Tanda atau kode tsb berada di dalam logo daur ulang berbentuk segitiga. Biasanya terletak di dasar atau bagian bawah kemasan. Tanda pengenal plastik tsb dibagi ke dalam 7 kelompok yang setiap angkanya mempunyai makna yang berbeda.

1. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan PET (polyethylene terephthalate). Plastik jenis ini berwarna jernih atau transparan. Banyak dipakai untuk botol air mineral, jus dan hampir semua botol minuman ringan lain. Botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya sekali pakai dan tidak disarankan dipakai berulang-ulang. Alasannya, pertama, desain leher botol yang sempit membuatnya sulit dibersihkan sehingga bakteri dari tangan dan mulut cepat tumbuh dalam botol. Kedua, bila terlalu sering dipakai, apalagi untuk menyimpan air hangat atau panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dalam jangka panjang terbukti dapat menyebabkan kanker.

2. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan HDPE (high density polyethylene). Bahan ini merupakan salah satu plastik yang aman digunakan karena kandungan plastiknya mampu mencegah reaksi kimia antara kemasan dan makanan atau minuman yang dikemasnya. Bahannya bersifat lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Biasa digunakan untuk botol kemasan susu warna putih, galon air minum dan kursi lipat. Meskipun aman, plastik dengan kandungan ini direkomendasikan sekali pakai. Pasalnya, dalam pembuatannya digunakan senyawa antimoni trioksida yang mudah masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. Kontaminasi dalam jangka panjang akan menyebabkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Dan bagi perempuan, senyawa ini bisa meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran.

3. Kode ini menandakan bahan kemasan terbuat dari jenis plastik yang sulit didaur ulang. Pada kemasan biasanya tertera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dilengkapi dengan angka 3 yang disertai tulisan V yang berarti PVC (polyvinyl chloride). Biasa digunakan pada pembungkus (wrap) dan beberapa botol minuman kemasan. Berbahaya untuk kesehatan karena mengandung DEHA (Di-2-etil-heksiladipat) yang dapat bereaksi dengan makanan saat bersentuhan langsung pada suhu 15ºC. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas plastik ini berbahaya untuk ginjal, hati dan penurunan berat badan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari pemakaiannya.Cari alternatif pembungkus lain saja seperti dari polyethylene atau bahan alami seperti daun pisang.

4. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan LDPE (low density polyethylene). Karakter palstik ini kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dengan permukaan agak berlemak karena terbuat dari minyak bumi. Biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan dan botol-botol yang lembek. Pada suhu di bawah 60ºC sangat resisten terhadap senyawa kimia. Mempunyai daya proteksi yang baik terhadap uap air. Namun, kurang baik bagi gas-gas lain seperti oksigen. Sulit dihancurkan tapi dapat didaur ulang. Baik untuk makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemasnya.

5. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan PP (polyproylene). Karakteristik plastik ini lebih kuat, transparan tapi tidak jernih atau berawan, ringan, daya tembus uap rendah, memiliki ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis ini terbaik dan aman terutama sebagai tempat makanan dan minuman, botol minum, botol susu bayi serta wadah plastik yang bisa dipanaskan dalam microwave.

6. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan PS (polystyrene). Biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam dan tempat minum sekali pakai. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ketika makanan bersentuhan dengan wadah. Selain bisa ditemukan di tempat makanan, bahan ini juga bisa ditemukan pada asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi bangunan. Oleh sebab itu, harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada perempuan yang mengakibatkan masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf. Selain itu, sulit didaur ulang karena memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.

7. Kode ini biasanya dilengkapi dengan tulisan OTHER. Jenis plastik ini terbagi empat yaitu PC (polycarbonate), SAN (styrene acrylonitrile), ABS (acrylonitrile butadiene styrene) dan Nylon. OTHER dapat ditemukan pada botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik, plastik kemasan, botol susu bayi, gelas balita (sippy cup), botol minum polikarbonat dan kaleng kemasan, termasuk kaleng susu formula. Sebenarnya PC tidak dianjurkan sebagai wadah karena dapat mengeluarkan bahan utamanya, Bhispenol A, ke dalam makanan dan minuman. Efeknya bisa merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas. Sedangkan SAN dan ABS baik digunakan sebagai kemasan karena memiliki resistensi tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu. Biasanya SAN digunakan untuk mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi dan sikat gigi. Sementara ABS digunakan pada mainan dan pipa.

Jadi, bijaklah memilih plastik sebagai wadah makanan dan minuman Anda. Selain untuk alasan kesehatan, Anda juga bisa berpartisipasi dalam rangka menyelamatkan bumi dari ancaman global warming.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan