Skip to main content

Tes CPNS Jatim=Tes Ajaib

Bulan ini, tepatnya tanggal 10, aku ikutan tes penerimaan CPNSD. Berhubung formasi untuk jurusanku nggak ada, aku ikut di kota tetangga. Segera setelah nyampe di Ngawi, aku dianterin ke tempat tes di SMP Muhammadiyah 5. Malemnya, aku blajar soal itungan, aku ngrasa otakku perlu diasah lebih sering untuk soal macam ini karena, jujur aja, selama kuliah jarang dipake ngitung. Aku juga nge-refresh soal2 pengetahuan umum, tata negara dan sejarah. Materi zaman sekolah ini sudah banyak yang nguap dari otak, hehhee...

Paginya, setelah sarapan, aku berangkat. Di tempat tes, aku jumpai orang2 dengan berbagai gaya. Mulai gaya dandan sampai gaya ngomong. Orang2 sibuk belajar, tapi aku malah asyik potong kuku. Nggak tau kenapa setiap kali udah di tempat tes, aku selalu menghindari acara belajar. Aku lebih milih untuk mengamati lingkungan. Aku mikir, aku kesini buat tes, bukan untuk belajar. Belajar kan udah aku lakuin di rumah, sejak jauh2 hari.

Jam 7.30 peserta masuk ruangan. tak lama kemudian soal dibagikan. Sebelum mengerjakan, peserta diberi kesempatan ngecek soal yang dibagikan, njagani klo ada halaman yang kosong atau ada cetakan yang nggak jelas. PAs ngecek itulah, aku sempet termehek-mehek dengan kenyataan yang ada. Bahwa soal yang diberikan hanya 100, terdiri dari pengetahuan umum, skolastik dan kepribadian. TEs ini sama sekali nggak ada soal bahasa indonesia (selain pemahaman wacana), nggak ada tes bahasa inggris apalagi soal kompetensi bidang, sama sekali nggak ada.

Aku jadi heran, tes macam apakah ini? Tes ini menurutku nggak valid untuk menyeleksi ribuan pendaftar. Tesnya cuma sekali, cuma tes tulis dasar dengan soal ala kadarnya, yang menurutku sama sekali nggak bisa dijadikan tolak ukur untuk dinyatakan kompeten atau nggak. Gimana penyeleksi bisa tahu seorang dokter bisa nyembuhin pasien atau nggak, gimana akuntan bisa ngerjain laporan keuangan dengan tes picisan kayak gini? Hal apakah yang bisa menunjukkan kompetensi di bidangnya? Sama sekali nggak ada. Kalau caranya seperti ini, gimana nasib daerah ke depannya? Apakah harsu digantungkan pada mereka yang absurd ini?

Tes ini beda banget sama tes yang di Jateng. Tesnya sudah lumayan lebih valid. ADa beberapa tahapan, tulis (pengetahuan umum), psikotes, interview dan tes ketrampilan khusus.

Menurutku, tes ini lebih mirip dengan transaksi beli kucing dalam karung. Sebenarnya lebih baik penyeleksi menggunakan jasa paranormal saja untuk memilih kandidat mana yang paling tepat untuk mengisi posisi yang lowong. Toh sama saja. Ironis memang. Tapi inilah realitanya.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Pupuk

Nasi Pupuk adalah Nasi Campur khas Madiun. Biasa ada di resepsi perkawinan dengan konsep tradisional, bukan prasmanan. Makanya biasa juga disebut Nasi Manten. Isinya adalah sambal goreng (bisa sambel goreng kentang, krecek, ati, daging, atau printil), opor ayam (bisa juga diganti opor telur), acar mentah dan krupuk udang. Berhubung sudah lama tidak ke mantenan tradisional, jadi aku sudah lama banget tidak menikmatinya. So, membuat sendirilah pilihannya. Soalnya tidak ada mantenan dalam waktu dekat juga. Hehehe. Alhamdulillah bisa makan dengan puas :) Happy cooking, happy eating.

Cerita Tentang Pesawat Terbang

To invent an airplane is nothing.  To build one is something.  But to fly is everything.  (Otto Lilienthal) Naik pesawat terbang buat sebagian orang adalah makanan sehari-hari. Surabaya - Jakarta bisa PP dalam sehari, lalu esoknya terbang ke kota lainnya lagi. Tapi, bagi sebagian orang naik pesawat terbang adalah kemewahan, atau malah masih sekedar harapan. Aku ingat betul, ketika aku masih kecil, sumuran anak taman kanak-kanak, aku punya cita-cita naik pesawat. Setiap kali ada pesawat terbang melintas, aku mendongakkan kepala dan melambaikan tangan.  Seusai ritual itu, aku akan bertanya "Bu, kapan aku bisa naik pesawat". "Nanti kalau kamu sudah besar, belajar yang rajin ya", jawab Ibu. Pada saat itu aku cuma mengangguk, tidak menanyakan lebih lanjut apa hubungan antara naik pesawat dengan rajin belajar. Yang pasti, mimpi itu tetap terpatri. Ketika usiaku semakin bertambah, aku menjadi lebih paham bahwa sebenarnya naik pesawat tidak masuk

[Review] Urban Wagyu: Makan Steak di Rumah

tenderloin steak rib eye steak Sejak kapan itu pengen makan steak, cuma suami keluar kota terus. Lalu, lihat feed IG kok nemu steak yang bisa delivery. Tergodalah aku untuk ikut beli di  @urbanwagyu . Mereka adalah steak house yang melayani delivery order saja, karena untuk sementara belum ada restonya. "Wah, seru nih  bisa makan steak di rumah", pikirku. Pesananku: rib eye well done, mashed potato, mixed vegies, extra grilled baby potato dg mushroom sauce. Sedangkan pesanan suami: tenderloin well done, french fries, mix vegies dengan black pepper sauce. Pesanan kami datang dengan kemasan box cokelat ala pizza dengan keterangan tentang detail pesanan di salah satu sisinya. Dagingnya dibungkus alumunium foil, saus dibungkus cup plastik dan diberikan peralatan makan dari plastik  dan dilengkapi dengan saus tomat dan sambal sachet. Reviewnya sebagai berikut: Dagingnya empuk banget, bisa dipotong dengan peralatan makan plastik. Lembut dan