Wednesday, June 14, 2017

Berkutat dengan Keuangan


Halo... Sudah lama ya nggak posting di blog. Sebenarnya ada beberapa postingan yang sudah masuk daftar, namun kerjaan kantor lagi banyak-banyaknya jadi baru sekarang bisa come back. Hehe. Oiya, bagaimana puasanya teman-teman? Semoga diberikan kelancaran dan ibadahnya diterima oleh Allah. Aamiin

Sebenarnya sudah sejak lama aku ingin menuliskan kesibukan baruku sejak aku moved out dari IOP. Mulai pertengahan tahun lalu, aku diberi amanah tambahan sebagai PUMK (Pemegang Uang Modal Kerja) atau Bendahara di unitku. Selama setengah tahun aku berguru ke Mas Bagus, Bendahara Umum Universitas, di mana anggaran unitku dititipkan. Dealing about finance makes me learn a lot. Bagaimana menyusun anggaran, mengatur cash flow, mencairkan cek, membayar aneka tagihan, mengurus perjalanan dinas, menyusun laporan pertanggungjawaban, memasukkan data keuangan di sistem, mencairkan gaji, belajar pajak, and many more. It's totally different with the thing I used to handle, partnership. Ketelitiannya harus double or even triple dah. Berguru dan tandem dengan Mas Bagus rasanya memang tepat, uang yang dihandle lebih banyak dan permasalahannya lebih kompleks. Thanks a lot Mas, I owe you so much.

Berbeda dengan kerjasama yang load kerjaannya up and down, load di keuangan lebih stabil dan teratur. Akhir bulan mencairkan gaji, awal dan tengah bulan jadwalnya SPJ. Kalau di kerjasama banyak rapat, seremoni dan ketemu banyak orang, di keuangan kerjanya di balik layar. Dua hal yang berbeda, tapi aku mulai terbiasa dan bisa menikmatinya, meski tentu saja porsi kerjasama yang aku tangani jadi berkurang banyak.

Kalau ditanya passionku di mana, dengan mantap aku menjawab kerjasama. Tapi, keuangan sepertinya my second passion, hehehe. Aku pernah baca di satu buku, tapi aku lupa buku apa, di buku itu disebutkan bahwa sebenarnya kalau seseorang mau menggali potensi diri lebih lanjut, kemungkinan besar dia punya lebih dari satu passion, namun dengan grade yang berbeda. Anyway, aku senang diberi kesempatan ini, bisa menambah pengalaman dan teman. Semoga aku bisa menjalankan amanah ini dengan baik, aamiin.

No comments: